Mengulas Sejarah Olahraga Tinju

No Comments
Mengulas Sejarah Olahraga Tinju

Tinju merupakan olahraga dan seni bela diri yang menampakkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bersaing satu sama beda dengan menggunakan tinju mereka dalam susunan pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang dinamakan ronde. Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan mereka seraya berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Poin agen slot terpercaya diberi guna pukulan yang bersih dan mantap ke unsur depan pinggang ke atas yang legal dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sebanyak ronde yang direncanakan bakal diungkapkan sebagai kampiun. Kemenangan pun dapat ditempuh sekiranya lawan dipukul jatuh dan mustahil bangkit hingga hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau sekiranya lawan diungkapkan tak dapat melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

Mengulas Sejarah Olahraga Tinju

Etimologi

Kata “tinju” merupakan terjemahan dari kata Inggris “boxing” atau “Pugilism”. Kata Pugilism berasal dari kata latin, pugilatus atau pinjaman dari kata yunani Pugno, Pignis, Pugnare, yang menandakan segala sesuatu yang berbentuk kotak atau “Box” dalam bahasa Inggrisnya. Tinju Manusia, sekiranya terkepal, berbentuk laksana kotak. Kata Yunani pugno berarti tangan terkepal menjadi tinju, siap guna pugnos, adu jotos, bertinju. Dalam mitologi, bapak dan Boxing merupakan Poliux, saudara kembar dari Castor, putera legendaris dari Jupiter dan Leda.

Sejarah

Lomba tinju yang kesatu terdaftar dalam sejarah merupakan antara beda melawan Abel. Kitab mahabrata pun mencatat pertandingan-pertandingan tinju, urusan mana melampaui pencatatan cerita-cerita perkelahian salah satu bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir. Petinju tenar kesatu berkebangsaan Yunani mempunyai nama Theagenes dari Thaos yang menjadi kampiun Olympic Games 450 Masehi. Dalam beberapa Berita Tinju Dunia Terbaru, Theagenes menggarap pertandingan sejumlah 1.406 kali dengan menggunakan sebuah sarung tinju yang tercipta dari besi. Kebanyakan dari lawan-lawan tersebut tewas ketika bertarung melawannya. Sedangkan boxing tenar berabad-abad lamanya sebagai suatu format hiburan, tetapi seorang Inggris yang mempunyai nama Jack Broughton, kampiun britania, yang juga merupakan orang kesatu yang menggunakan sarung tinju. Aturan dan sarung tinju ini di perkenalkan pada tanggal 10 Agustus 1973.

Categories: Sejarah Tinju

Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *